Resep Opor Ayam dengan Bumbu Instan

Bahan-bahan:



- 1 kg ayam


- 2 bungkus bumbu instan opor ayam


- 500 ml air


- 2 lembar daun salam


- 2 batang serai


- 3 lembar daun jeruk


- 400 ml santan kental


- Garam secukupnya


- Gula secukupnya



Langkah-langkah:



1. Bersihkan ayam dan potong-potong sesuai selera. Lalu, sisihkan terlebih dahulu.


2. Siapkan bumbu instan opor ayam, daun salam, serai, dan daun jeruk. Kemudian, panaskan wajan dan tumis bumbu instan hingga harum.


3. Setelah itu, masukkan ayam yang sudah dipotong-potong tadi ke dalam tumisan bumbu instan. Aduk-aduk hingga ayam tercampur merata dengan bumbu.


4. Tuangkan air ke dalam wajan dan masukkan daun salam, serai, serta daun jeruk. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.


5. Tunggu hingga ayam matang dan bumbu meresap. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk-aduk agar tidak gosong.


6. Setelah ayam matang, masukkan santan kental ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga rata. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai selera.


7. Masak hingga santan matang dan bumbu meresap ke dalam ayam. Jangan lupa untuk terus mengaduk-aduk agar santan tidak pecah atau menggumpal.


8. Setelah matang, angkat dan sajikan opor ayam dengan bumbu instan ini bersama nasi putih dan kerupuk sebagai lauk pauk.



Informasi Nutrisi:



Satu porsi opor ayam dengan bumbu instan ini mengandung 350 kalori, 20 gram lemak, 30 gram karbohidrat, dan 18 gram protein. Selain itu, juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.


Jangan ragu untuk mencoba resep opor ayam dengan bumbu instan ini di rumah. Selamat mencoba!


close