Resep Opor Ayam: Cara Membuat Bumbu yang Lezat

1. Pilih Bahan yang Berkualitas



Untuk membuat opor ayam yang enak, tentunya bahan yang berkualitas harus dipilih terlebih dahulu. Pilihlah ayam segar yang masih terjamin kebersihannya. Selain itu, pastikan bahan-bahan lainnya seperti bumbu dapur dan santan juga berkualitas.


2. Siapkan Bahan-Bahan



Setelah bahan yang berkualitas sudah didapatkan, selanjutnya siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang umumnya digunakan dalam membuat opor ayam antara lain ayam, bumbu halus, santan, daun salam, serai, dan lain sebagainya.


3. Tumis Bumbu Halus



Setelah bahan-bahan sudah siap, tumislah bumbu halus dalam minyak goreng hingga harum. Bumbu halus yang umumnya digunakan dalam opor ayam antara lain bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, dan ketumbar.


4. Masukkan Ayam



Setelah bumbu halus sudah harum, masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu tersebut. Aduk hingga ayam tercampur rata dengan bumbu.


5. Tambahkan Santan



Setelah ayam tercampur rata dengan bumbu, tambahkan santan ke dalam adonan. Aduk hingga santan tercampur rata dengan ayam dan bumbu.


6. Tambahkan Serai dan Daun Salam



Setelah santan tercampur rata dengan ayam dan bumbu, tambahkan serai dan daun salam ke dalam adonan. Aduk hingga serai dan daun salam tercampur rata dengan adonan.


7. Masak Hingga Matang



Setelah semua bahan tercampur rata, masaklah adonan hingga matang. Selama memasak, aduklah adonan secara teratur agar tidak gosong atau lengket di dasar wajan.


8. Koreksi Rasa



Setelah opor ayam matang, koreksi rasa sesuai selera masing-masing. Jika dirasa masih kurang gurih, bisa menambahkan garam atau penyedap rasa sesuai selera.


9. Sajikan dengan Nasi



Setelah opor ayam selesai dimasak, sajikan dengan nasi hangat. Opor ayam yang lezat ini bisa dihidangkan pada saat acara keluarga atau pada saat makan malam bersama keluarga.


10. Simpan Sisa Opor Ayam di Kulkas



Jika masih ada sisa opor ayam, simpanlah di lemari pendingin atau kulkas untuk menjaga keawetan. Opor ayam yang sudah disimpan di kulkas bisa dimakan kembali pada hari berikutnya dengan cara dipanaskan terlebih dahulu.

close